BERITA

  • Jurusan Perbankan Syariah

    Jurusan Perbankan Syariah

    Jurusan Perbankan Syariah

     Perbankan Syariah

    Assalamualaikum wr.wb

    Hai pembaca, akhirnya jumpa lagi dengan saya di artikel kali ini. Kali ini saya ingin sharing 
    mengenai sebuah jurusan didunia perkuliahan, yaitu Jurusan Perbankan Syariah. Perbankan syariah merupakan salah satu jenis perbankan yang melakukan kegiatan perbankannya berdasarkan syariah islam. Yang membedakan bank syariah dengan bank konvensional adalah prinsip dan karakteristik sumber dana (soure of fund) dan penyaluran dana (use of fund). Prinsip yang diterapkan dalam bank syariah adalah aturan perjanjian berdasarkan hukum islam. Prinsip-prinsip tersebut antara lain: prinsip pemindahan kepemilikan atas barang yang disewa dari pihak bank oleh pihak lain (ijarah wa iqtina), prinsip sewa murni tanpa pilihan (ijarah), prinsip bagi hasil (mudharabah), prinsip penyertaan modal (musharakah), prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan (murabahah),  dan prinsip sewa murni tanpa pilihan (ijarah) . Selain menerapkan prinsip syariah, bank syariah juga menerapkan prinsip demokrasi ekonomi dan prinsip kehati-hatian dalam melakukan kegiatan usahanya.

    Fungsi Bank Syariah

    1. Intermediary agent (sama seperti bank konvensional)
    2. Fund atau investment manager
    3. Penyedia jasa perbankan pada umumnya (sama seperti bank konvensional) sepanjan tidak melanggar syarian
    4. Pengelola fungsi sosial (ZISWA)
    5. Alat transmisi kebijakan moneter (sama seperti bank Konvensional)

    Sejarah Perbankan Syariah di Indonesia

    Perbankan Syariah sendiri ada di Indonesia pada tahun 1992 dengan ditandai berdirinya Bank Muamalat Indonesia. Setelahnya muncul bank-bank syariah yang lain hingga mencapai 11 bank syariah dan puluhan unit usaha syariah. Dari 11 bank tersebut adalah spin-off  atau yang sudah berlepas diri dari bank konvensional. Seperti Bank BRI Syariah, BNI Syariah, Syariah Mandiri, dan lainnya. Perbankan Syariah melaju dengan cepat dan tidak tergoyahkan dengan keadaan ekonomi global yang masih memakai bunga. Dalam goncangan ekonomi tahun 2008 yang penyebab utamanya adalah Kredit Rumah di Amerika, perbankan syariah tetap stabil. Bahkan terus meningkat dari hari ke hari. Sedangkan bank konvensional banyak yang kolaps dan akhirnya gulung tikar. Hal ini membuktikan perbankan syariah adalah solusi bagi perekonomian dunia saat ini. Karena kekokohannya dalam melewati fenomena global diatas. Bahkan kampus sekelas Harvard University dan Oxford University membuka kelas khusus bagi mahasiswanya yang ingin belajar lebih lanjut tentang Ekonomi Islam.

    Dari Data Statistik Perbankan Syariah Januari 2012 ditunjukan bahwa pada Januari 2012, dana yang dikucurkan untuk biaya pendidikan dan pelatihan bank umum syariah dan unit usaha syariah adalah 4 miliar rupiah, sedangkan biaya pendidikan dan pelatihan bank pembiayaan rakyat syariah adalah 552 juta rupiah.

    Prospek Kerja

    Hingga saat ini, di Indonesia sendiri telah banyak bank - bank yang menerapkan prinsip syariah, kalau tidak salah, dari informasi yang saya dapatkan dari seorang mahasiswa bahwa bank - bank yang ada di Indonesia dalam waktu dekat akan menggunakan prinsip perbankan syariah. Jadi akan semakin besarlah peluang kerja bagi pembaca - pembaca sekalian yang mengambill jurusan perbankan syariah .

    Diperkirakan permintaan tenaga kerja profesional dalam perbankan syariah ini akan terus miningkat setiap tahunnya, sedangkan tenaga kerja profesional masih kurang memadai. Maka dari itu, prospek pekerjaan di perbankan syariah mempunyai peluang yang masih sangat besar. 

    Jadi setelah mengikuti perkuliahan di prodi Perbankan Syariah. Setiap pembaca yang telah menyelesaikan prodinya, dapat bekerja dibeberapa  peluang kerja yang tersedia, diantaranya:

    1.  Reseacher

    Lulusan prodi Perbankan syariah juga dapat mengisi peluang untuk menjadi peneliti – peneliti unggul dalam bidang kajian perbankan syariah, ekonomi Islam, dan bidang kajian keuangan Islam lainnya.

    2.  Menjadi tenaga profesional di perbankan

    Peluang ini menyediakan banyak jabatan yang ada diperbankan, diantaranya, Marketing Staff, Marketing Manager, Teller, Kredit Analis, Funding Officer, Admin Pembiayaan Mikro, dan jabatan lainnya yang berkaitan dengan karir di perbankan syariah

    3.  Entrepreneur

    Peluang menjadi entrepreneur atau wirausahawan juga dapat diraih oleh para lulusan prodi perbankan syariah, setiap lulusan dapat menjadi pengusaha yang mandiri, dan inovatif.

    4.  Lecturer (Dosen)

    Selain peluang di perbankan, setiap lulusan prodi perbankan syariah juga memiliki kesempatan untuk menjadi dosen pengampu di perguruan tinggi, khususnya berkaitan deng mata kuliah perbankan syariah dan Ekonomi Islam

    Adapun tantangan bagi pembaca, yang kuliah di jurusan perbankan syariah ini adalah tenaga sosialisasi Bank Syariah yang masih sangat minim. Oleh karenanya kepada mahasiswa yang telah lulus, mereka adalah orang yang akan menosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat.

    Sumber : http://karyamud.blogspot.co.id/2016/05/jurusan-perbankan-syariah.html

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks